NETWORKING

NETWORKING 


Jaringan komputer

 Sebuah jaringan komputer atau jaringan data adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan node untuk berbagi sumber daya. Dalam jaringan komputer, perangkat komputasi jaringan pertukaran data dengan satu sama lain menggunakan data link . Hubungan antara node ditetapkan baik menggunakan media kabel atau media wireless . Jaringan komputer paling terkenal adalah Internet .

 Jaringan perangkat komputer yang berasal, rute mengakhiri data disebut node jaringan. Nodes dapat mencakup host seperti komputer pribadi , ponsel , server serta perangkat keras jaringan . Dua perangkat tersebut dapat dikatakan jaringan bersama-sama ketika salah satu perangkat dapat bertukar informasi dengan perangkat lain, apakah mereka memiliki hubungan langsung satu sama lain.

 Jaringan komputer berbeda dalam media transmisi yang digunakan untuk membawa sinyal, mereka protokol komunikasi untuk mengatur lalu lintas jaringan, ukuran jaringan, topologi dan niat organisasi.

 Jaringan komputer mendukung sejumlah besar aplikasi dan layanan seperti akses ke World Wide Web , video digital , audio digital , bersama penggunaan aplikasi dan penyimpanan server , printer , dan mesin fax , dan penggunaan email dan instant messaging aplikasi serta banyak lainnya. Dalam kebanyakan kasus, aplikasi-spesifik protokol komunikasi yang berlapis (yaitu dilakukan sebagai payload ) melalui protokol komunikasi yang lebih umum lainnya.

Sejarah

Kronologi perkembangan komputer-jaringan yang signifikan meliputi:
-Pada akhir 1950-an, jaringan awal komputer termasuk sistem radar militer Semi-Automatic Tanah Lingkungan (SAGE).
-Pada tahun 1959, Anatolii Ivanovich Kitov diusulkan ke Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet rencana rinci untuk re-organisasi dari kendali angkatan bersenjata Soviet dan ekonomi Soviet atas dasar jaringan pusat komputasi.
-Pada tahun 1960, komersial maskapai sistem reservasi semi-otomatis lingkungan penelitian bisnis (SABRE) pergi online dengan dua mainframe yang terhubung.
-Pada tahun 1962, JCR Licklider mengembangkan kelompok kerja yang disebut " intergalaksi Jaringan Komputer ", sebagai awal dari ARPANET , di Badan Proyek Penelitian Lanjutan (ARPA).
-Pada tahun 1964, para peneliti di Dartmouth College mengembangkan Sharing System Dartmouth Waktu untuk pengguna didistribusikan sistem komputer besar. Pada tahun yang sama, di Massachusetts Institute of Technology , sebuah kelompok riset yang didukung oleh General Electric dan Bell Labs menggunakan komputer untuk rute dan mengelola sambungan telepon.
-Sepanjang tahun 1960, Leonard Kleinrock , Paul Baran , dan Donald Davies mandiri mengembangkan sistem jaringan yang digunakan paket untuk mentransfer informasi antara komputer melalui jaringan.
-Pada tahun 1965, Thomas Marill dan Lawrence G. Roberts menciptakan pertama wide area network (WAN). Ini adalah prekursor langsung ke ARPANET , yang Roberts menjadi manajer program.
-pada tahun 1965, Western Electric memperkenalkan pertama banyak digunakan telepon beralih yang dilaksanakan kontrol komputer benar.
-Pada tahun 1969, University of California di Los Angeles , yang Stanford Research Institute , yang University of California di Santa Barbara , dan University of Utah menjadi terhubung sebagai awal dari ARPANET jaringan menggunakan 50 kbit / sirkuit s.
-Pada tahun 1972, layanan komersial menggunakan X.25 dikerahkan, dan kemudian digunakan sebagai infrastruktur untuk memperluas TCP / IP jaringan.
-Pada tahun 1973, Robert Metcalfe menulis memo formal di Xerox PARC menggambarkan Ethernet , sistem jaringan yang didasarkan pada jaringan Aloha , dikembangkan pada tahun 1960 oleh Norman Abramson dan rekan-rekannya di University of Hawaii . Pada bulan Juli 1976, Robert Metcalfe dan David Boggs menerbitkan makalah mereka "Ethernet: Distributed Packet Switching untuk Jaringan Komputer Lokal"dan berkolaborasi pada beberapa paten yang diterima pada tahun 1977 dan 1978. Pada tahun 1979, Robert Metcalfe dikejar membuat Ethernet standar terbuka.
-Pada tahun 1976, John Murphy dari Datapoint Perusahaan menciptakan ARCNET , jaringan token-passing pertama digunakan untuk berbagi perangkat penyimpanan.
-Pada tahun 1995, kapasitas kecepatan transmisi untuk Ethernet meningkat dari 10 Mbit / s untuk 100 Mbit / s. Pada tahun 1998, Ethernet mendukung kecepatan transmisi Gigabit a. Selanjutnya, kecepatan yang lebih tinggi hingga 100 Gbit / s ditambahkan (sebagai 2016 ). Kemampuan Ethernet untuk skala mudah (seperti cepat beradaptasi untuk mendukung kecepatan kabel serat optik baru) merupakan faktor yang berkontribusi terhadap penggunaan yang terus menerus.

Jaringan Link

  Media transmisi (sering disebut dalam literatur sebagai media fisik) yang digunakan untuk menghubungkan perangkat untuk membentuk jaringan komputer termasuk kabel listrik ( Ethernet , HomePNA , power line communication , G.hn ), serat optik ( komunikasi serat optik ), dan gelombang radio ( jaringan nirkabel ). Dalam model OSI , ini pasti pada lapisan 1 dan 2 - lapisan fisik dan lapisan data link.
  Sebuah keluarga diadopsi secara luas media transmisi yang digunakan dalam jaringan area lokal ( LAN teknologi) secara kolektif dikenal sebagai Ethernet . Standar media dan protokol yang memungkinkan komunikasi antar perangkat jaringan over Ethernet didefinisikan oleh IEEE 802.3 . Ethernet mentransmisikan data melalui kedua kabel serat tembaga dan. Standar LAN nirkabel (misalnya yang didefinisikan oleh IEEE 802.11 ) menggunakan gelombang radio , atau orang lain menggunakan inframerah sinyal sebagai media transmisi. Power line komunikasi menggunakan kabel listrik bangunan untuk mengirimkan data.


Jaringan node

 Terlepas dari media transmisi fisik mungkin ada, jaringan terdiri dasar tambahan sistem blok bangunan, seperti kontroler interface jaringan (NIC), repeater , hub , bridge , switch , router , modem , dan firewall.


 Jaringan interface

 Sebuah Rangkaian Antarmuka Jaringan DENGAN pelabuhan untuk review ethernet
Sebuah ATM antarmuka jaringan dalam bentuk kartu aksesori. Banyak antarmuka jaringan built-in.
Sebuah kontroler antarmuka jaringan (NIC) adalah perangkat keras komputer yang menyediakan komputer dengan kemampuan untuk mengakses media transmisi, dan memiliki kemampuan untuk memproses informasi jaringan tingkat rendah. Misalnya, NIC mungkin memiliki konektor untuk menerima kabel, atau udara untuk transmisi nirkabel dan penerimaan, dan sirkuit terkait.

NIC merespon lalu lintas yang ditujukan ke alamat jaringan baik untuk NIC atau komputer secara keseluruhan.
  Dalam Ethernet jaringan, masing-masing kontroler antarmuka jaringan memiliki unik Media Access Control (MAC) alamat-biasanya disimpan dalam memori permanen controller. Untuk menghindari konflik alamat antara perangkat jaringan, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mempertahankan dan mengelola MAC keunikan alamat. Ukuran alamat Ethernet MAC adalah enam oktet . Tiga oktet paling signifikan dicadangkan untuk mengidentifikasi produsen NIC. Produsen ini, hanya menggunakan prefiks mereka ditugaskan, unik menetapkan tiga oktet paling signifikan dari setiap antarmuka Ethernet yang mereka hasilkan.

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2013 Diah Yulia Siska and Blogger Themes.