MEMBLOKIR SITUS MENGGUNAKAN WEB PROXY DENGAN MIKROTIK

MEMBLOKIR SITUS MENGGUNAKAN WEB PROXY DENGAN MIKROTIK



  Asslamu'laikum wr.wb
Selamat sore menjelang malam sobat...
Kali ini saya akan sharing bagaimana cara memblokir situs web terlarang menggunakan web proxy di mikrotik, karena zaman semakin maju dan banyak orang yang suka membuka situs web yang terlarang jadi kita bisa mencegahnya dengan menggunakan web proxy di mikrotik.

A. Pengertian

Web proxy adalah sebuah komputer server yang bertindak sebagai komputer lainnya untuk menerima / melakukan request terhadap kontent dari sebuah jaringan internet atau intranet. Proxy server bertindak sebagai gateway untuk setiap komputer klien. Web Server yang menerima permintaan dari web proxy akan menerjemahkannya, dan seolah-olah permintaan tersebut langsung dari komputer klien.

B. Latar Belakang

Pada zaman sekarang banyak situs web terlarang yang beredar , dan banyak pula orang yang ingin membuka situs web terlarang tersebut.

C. Maksud dan Tujuan

Tujuan saya melakukan konfigurasi ini adalah untuk mencegah client membuka situs web yang terlarang.

D. Alat dan Bahan

- PC/Laptop
- HUB/Switch
- Mikrotik
- Aplikasi Winbox
- Koneksi Internet

E. Waktu yang digunakan

Waktu yang digunakan untuk memblokir Web menggunakan web proxy di mikrotik adalah sekitar 20  menit.


 F. Tahap Pelaksanaan

1. Pertama kita masuk ke winbox.

2. Lalu masuk ke menu IP > Web Proxy > General ,kita centang tulisan Enabled untuk mengaktifkan web proxy.

      




                                                 

Agar tidak perlu setting web-browser client satu per satu, ubah web-proxy Mikrotik agar berfungsi sebagai Transparent Proxy. Implementasinya, gunakan fitur NAT untuk membelokan semua traffic browsing HTTP (tcp 80) yang berasal dari client ke fitur internal web-proxy yang sudah diaktifkan sebelumnya.

3. Setelah itu kita masuk ke menu IP > Firewall > NAT > klik tanda + berwarna biru > General > untuk Chains pilih dstnat > klik protocols akan muncul tulisan 6 (tcp) itu biarkan saja > pada Dst port kita tuliskan port dari web yang akan diblokir , misal port http yaitu 80 > di In. Interfaces kita pilih perangkat mana yang ingin kita blok web nya . Kemudian kita ke Action,


4. Di menu Action , untuk Action = redirect > To Ports = 8080 lalu klik Apply , OK


5. Kit masuk lagi ke menu IP > Web Proxy > Access > Add rule baru > Dst.Ports = isikan port http yaitu 80 > Dst. Host = isikan alamat website yang akan diblokir > Action = ^deny^ untuk memblokir aksesnya.


6. Kita cek di web browser pada laptop client yang telah kita blok alamat web nya , jika muncul tampilan seperti gambar dibawah itu artinya konfigurasi berhasil.




G. Hasil dan Kesimpulan
Dengan web proxy kita dapat mencegah client untuk membuka situs terlarang.

H. Referensi
-http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=123

Itulah tutorial bagaimana cara memblokir situs web menggunakan web proxy di mikrotik yang dapat saya share , semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Wassallamu'alaikum wr.wb.


About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2013 Diah Yulia Siska and Blogger Themes.