APA ITU TKJ ?

MEMAHAMI TKJ



ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB
Saya akan sharing materi tentang TKJ (TEKNIK KOMPUTER & JARINGAN) jadi apa sih itu TKJ ? kita sebagai anak TKJ harus mengerti tentang TKJ, bukan anak TKJ jika tidak tahu apa pengertian TKJ?. jadi TKJ adalah teknik yang mempelajari cara instalasi PC,instalasi LAN, memperbaiki PC dan mempelajari program-program PC.

DEFINISI TEKNIK, KOMPUTER DAN JARINGAN

TEKNIK
  Teknik komputer (disebut juga teknik sistem komputer) adalah suatu disiplin khusus yang mengkombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer.Seorang teknisi komputer adalah teknisi elektro arus lemah yang lebih berfokus pada sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika sebagai bagian dari komputer secara menyeluruh.

KOMPUTER
  Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah di rumuskan.

Berikut ini adalah beberapa pengertian komputer menurut para ahli :
 1.Hamacher
Menurut Hamacher, komputer merupakan sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat   serta dapat menerima informasi input digital, yang kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang telah tersimpan di memori dan menghasilkan output berupa sebuah informasi.

 2.Blissmer
Komputer merupakan alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas, antara lain : menerima input, memproses input yang dimasukkan tadi sesuai dengan programnya, menyimpan berbagai perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan juga menyediakan output dalam sebuah informasi

3.Fuori
Komputer adalah suatu alat pemroses data yang mampu untuk dapat melakukan sebuah perhitungan skala besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika serta berbagai operasi logika tanpa campur tangan dari manusia itu sendiri.

4.Elias M. Awad
Komputer adalah sebuah alat hitung yang dapat memproses sebuah data yang disajikan dalam bentuk data digital serta data kontinyu atau analog.

5.Larry Long dan Nancy Long
Komputer merupakan alat hitung elektronik yang dapat menginterpretasikan serta melaksanakan berbagai macam perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan, serta beberapa operasi-operasi logik

6.Donald H. Sanders
Komputer adalah suatu sistem elektronik untuk memanipulasi sebuah data yang cepat serta tepat dan sudah dirancang dan diorganisasikan supaya dapat bekerja secara otomatis untuk menerima serta menyimpan data input tersebut, memprosesnya dan menghasilkan sebuah output, bekerjanya dikendalikan oleh suatu program yang sudah tersimpan di dalam memori penyimpanan dan program tersebut dapat dikenal dengan nama sistem operasi.

7.Williams, Sawyer
Komputer adalah suatu mesin yang multiguna yang dapat di program, yang menerima data dan memproses atau memanipulasinya ke dalam suatu informasi yang dapat kita gunakan.

8.Gordon B. Davis
Komputer merupakan tipe alat khusus menghitung yang memiliki sifat tertentu yang sudah pasti. Defnisi komputer tersebut menurut buku Introduction To Computers.



JARINGAN
 Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data.
 
Klasifikasi Jaringan :

  1.) Berdasarkan Skala  - PAN ( Personal Area Network ) : Jaringan komputer yang titik aksesnya hanya mampu menjangkau beberapa meter saja , tetapi juga bisa mencapai ratusan bahkan ribuan kilometer dengan memanfaatkan jaringan global.  - LAN ( Local Area Network ) : Suatu jaringan komputer yang menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain dengan jarak yang terbatas -  MAN ( Metropolitan Area Network ) : Prinsipnya sama dengan LAN , hanya saja jaraknya lebih luas yaitu 10-50 km. -  WAN ( Wide Area Network ) : Jaraknya antar kota , negara , dan benua -  Internet : Jangkauannya seluruh dunia

2.) Berdasarkan Fungsi  * Client-Server : Suatu bentuk arsiterktur , dimana client adalah perangkat yang menerima, menampilkan dan menjalankan aplikasi , sedangkan server adalah perangkat yang mengirimkan atau memberikan layanan.
     Kelebihan Client Server 
> Semua data dapat di backup pada satu lokasi sentral > Lebih aman > Kecepatan akses lebih tinggi 
   Kekurangan Client-Server
> Biaya lebih mahal > Jika komputer server mati , maka komputer client juga mati > Membutuhkan admin yang handal
* Peer To Peer adalah jaringan komputer dimana setiap host dapat menadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.
  Kelebihan Peer To Peer
> Tidak membutuhkan admin yang handal > Biaya relatif lebih murah
Kekurangan Peer To Peer > Keamanan kurang > Tidak cocok untuk network yang berskala besar

Sekian materi yang dapat saya sampaikan, terima kasih.

WASSALAMU'ALAIKUM WR.WB

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Copyright © 2013 Diah Yulia Siska and Blogger Themes.