Slider 1 Slider 2 Slider 3 Slider 4

MAGANG GURU IT INDONESIA 2016 HARI KE-2

Magang Guru IT Indonesia 2016 Hari Ke-2
 

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Kali ini saya akan share tentang kelanjutan kegiatan Guru Magang IT di hari ke-2

A. Pengertian
Magang adalah Proses melatih kegiatan atau pekerjaan untuk mempersiapkan peserta latihan untuk mengambil jalur tindakan tertentu yang dilukiskan oleh teknologi dan organisasi tempat kerja, dan membantu peserta memperbaiki prestasi dalam kegiatannya terutama mengenai pengertian dan keterampilan.

B. Maksud dan Tujuan
Meningkatkan pengetahuan para peserta pelatihan atas budaya dan para pesaing luar,
Membantu para peserta pelatihan yang mempunyai keahlian untuk bekerja dengan teknologi baru,
Membantu para peserta pelatihan untuk memahami bagaimana bekerja secara efektif dalam tim untuk menghasilkan jasa dan produk yang berkualitas,
Memastikan bahwa budaya perusahaan menekankan pada inovasi, kreativitas dan pembelajaran,
Menjamin keselamatan dengan memberikan cara-cara baru bagi para peserta pelatihan untuk memberikan kontribusi bagi perusahaan pada saat pekerjaan dan kepentingan mereka berubah atau pada saat keahlian mereka menjadi absolut,

-Pokok Pembahasan-

   Terdapat tiga tingkatan atau analisis untuk menentukan kebutuhan pelatihan yang dibutuhkan, yaitu:
Pertama, organization analysis (analisis organisasi): Memfokuskan pada pengenalan di dalam organisasi di mana pelatihan dibutuhkan.
Kedua, operations analysis (analisis operasi): Mencoba mengenal isi pelatihan-apa yang tenaga kerja harus lakukan agar bekerja secara kompeten.
Ketiga, individual analysis (analisis individual): Menentukan seberapa baik setiap pekerja atau karyawan yang sedang melakukan tugas dalam menyelesaikan tugasnya.

Pada hari Selasa ini hari kedua kegiatan Magang Guru IT Indonesia berikut Dokumentasinya :

C.Dokumentasi
1.Guru Magang sedang mengoprek Mikrotik



2.Kemudian ada Mas Lukman Sebagai Pemateri yang menyampaikan Materi Mikrotik


 3. Kemudian ada mas Rizky yang membantu Peserta Guru Magang dalam Mengoprek Mikrotik



4.Setelah itu ada tambahan materi dari Bapak Muallim Gendeng


 5.Dan dihari ke-2 ini Peserta Guru Magang kedatangan tamu spesial yang memiliki peran penting dalam berdirinya SMK-Net



6. Ada Mas David juga, beliau adalah salah satu pelajar yang mampu menciptakan sebuah jaringan hanya dengan menggunakan sebuah pipa saja


 Itulah kegiatan Magang Guru IT di Hari ke-2 yang dapat saya Share , Terima Kasih

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

MAGANG GURU IT INDONESIA 2016 HARI KE-1

Magang Guru IT Indonesia 2016 Hari Ke-1


  Assalamu'alaikum Wr.Wb

Kali ini saya akan sedikit sharing tentang kegiatan saya yang ditugaskan sebagai pendamping di acara Magang Guru IT 2016 yang dimulai dari Senin , 19 Desember 2016 s/d 24 Desember 2016. Berikut uraiannya :

A.PENGERTIAN
   Magang adalah Proses melatih kegiatan atau pekerjaan untuk mempersiapkan peserta latihan untuk mengambil jalur tindakan tertentu yang dilukiskan oleh teknologi dan organisasi tempat kerja, dan membantu peserta memperbaiki prestasi dalam kegiatannya terutama mengenai pengertian dan keterampilan.

B. MAKSUD DAN TUJUAN
- Meningkatkan pengetahuan para peserta pelatihan atas budaya dan para pesaing luar,
- Membantu para peserta pelatihan yang mempunyai keahlian untuk bekerja dengan teknologi baru,
- Membantu para peserta pelatihan untuk memahami bagaimana bekerja secara efektif dalam tim untuk menghasilkan jasa dan produk yang berkualitas,
- Memastikan bahwa budaya perusahaan menekankan pada inovasi, kreativitas dan pembelajaran,
- Menjamin keselamatan dengan memberikan cara-cara baru bagi para peserta pelatihan untuk memberikan kontribusi bagi perusahaan pada saat pekerjaan dan kepentingan mereka berubah atau pada saat keahlian mereka menjadi absolut,

-POKOK PEBAHASAAN-

   Terdapat tiga tingkatan atau analisis untuk menentukan kebutuhan pelatihan yang dibutuhkan, yaitu
- Pertama, organization analysis (analisis organisasi): Memfokuskan pada pengenalan di dalam organisasi di mana pelatihan dibutuhkan.
- Kedua, operations analysis (analisis operasi): Mencoba mengenal isi pelatihan-apa yang tenaga kerja harus lakukan agar bekerja secara kompeten.
- Ketiga, individual analysis (analisis individual): Menentukan seberapa baik setiap pekerja atau karyawan yang sedang melakukan tugas dalam menyelesaikan tugasnya.

C.DOKUMENTASI
1.Pembukaan Kegiatan Magang Guru IT oleh Mbah Suro Dhemit dan juga Bapak Yusuf


 2.Kemudian ada Sambutan dan ucapan Selamat Datang dari Bapak Mualim Gendeng selaku Ketua MGMP Jawa Timur


3.Lalu ada Bapak Yusuf selaku Pimpinan PT. Telkom Kandatel Klaten



4.Penandatanganan MoU antara Sekolah SMK Peserta Magang Guru IT dengan pihak Dunia Industri

 


 5.Terakhir Foto Bersama dengan Perwakilan SMK peserta Magang Guru IT dengan Staf pimpinan dan pembimbing di BLC Telkom Klaten


Sekian Kegiatan Magang Guru IT pada hari pertama yang dapat saya share , Terima Kasih.

Wassalamu'alaikumWr.Wb

PENGENALAN GOOGLE EARTH

PENGENALAN GOOGLE EARTH



Google earth adalah sebuah aplikasi yang dirilis oleh google pada tahun 2005. dan google earth ini sangat bermanfaat karena memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk membantu pekerjaan yang berhubungan dengan perkembangan bumi.
Fungsi dari google earth yang  sangat menonjol adalah, google earth dapat di gunakan sebagai alat untuk menunjukan permukaan laut hingga mengukur dan melihat isi laut hingga samudra, perkembangan kerak bumi, melihat aktifitas gunung dalam bentuk 3D, melihat cuaca, serta memetakan rute dan mengalkulasi suatu jarak dengan suatu tempat melalui tools-Ruller/GPS.
Manfaat Google Earth :
1. Manfaat yang pertama adalah mengetahui seluruh kondisi morfologi dan kontur permukaan bumi secara real yaitu foto tampak atas dari permukaan bumi dengan resolusi gambar yang cukup bagus serta keterangan derajat lintang dan bujurnya untuk setiap daerah di muka bumi.
2. Manfaat yang kedua adalah dapat mengetahui keadaan kerak bumi atau lempeng melalui fitur historical imagery yang sudah tersedia dan fitur Earth Seafloor yang dapat diunduh di Earth Gallery .Fitur historical imagery memberikan gambaran permukaan bumi beberapa tahun yang lalu dan sedangkan fitur Earth Seafloor memberi gambaran letak dari beberapa patahan kerak bumi di laut.
3. Manfaat berikutnya adalah mengetahui topografi beberapa wilayah yang sudah dipetakan melalui fitur Historical Topographic Maps. Tampilan topografi menggambarkan tingkat ketinggian suatu wilayah.
4. Manfaat yang terakhir adalah mengetahui sumber daya alam panas bumi yang telah dipetakan di sebagian wilayah bumi melalui fitur Geothermal Resource. Melalui fitur ini juga dapat diketahui suhu bumi berdasarkan kedalamannya. 




gambar permukaan pegunungan dan pesisir pantai yang diambil dari satelit yang menggunakan aplikasi google Earth.

sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.  

MEMBUAT RENCANA KERJA YANG BAIK DAN EFEKTIF

RENCANA KERJA 

Rencana kerja adalah serangkaian tujuan dan proses yang bisa membantu tim dan/atau seseorang mencapai tujuan tersebut. Dengan membaca rencana kerja, Anda bisa memahami skala sebuah proyek dengan lebih baik. Ketika digunakan di dunia kerja maupun akademik, rencana kerja membantu Anda mengerjakan proyek dengan teratur. Melalui rencana kerja, Anda memecah proses jadi tugas-tugas kecil yang ringan sekaligus mengetahui apa saja yang Anda ingin capai.

1.Tentukan untuk apa rencana kerja itu Anda susun.
    Ada beragam alasan kita menyusun rencana kerja. Tentukan tujuan itu sedari awal agar Anda bisa mempersiapkan proyek dengan baik. Ingat, sebagian besar rencana kerja berlaku untuk jangka waktu tertentu, misalnya 6 bulan atau 1 tahun.

-Di kantor rencana kerja membantu atasan Anda mengetahui proyek apa yang akan   Anda kerjakan selama beberapa bulan ke depan. Atasan Anda butuh informasi itu biasanya seusai tinjauan kinerja tahunan atau ketika tim Anda menggarap proyek besar. Rencana kerja juga bisa berupa hasil dari sesi perencanaan strategis yang dibuat perusahaan di awal kalender atau tahun fiskal baru.
-Di dunia akademik rencana kerja cocok digunakan oleh mahasiswa untuk mengerjakan proyek besar, atau oleh dosen untuk merancang silabus per semester.
-Untuk proyek pribadi, rencana kerja memberi Anda gambaran, apa yang Anda berniat lakukan, bagaimana Anda akan melakukannya, dan kapan Anda berencana menyelesaikannya.

2.Tulis pendahuluan dan latar belakang
    Untuk rencana kerja profesional, Anda harus menulis pendahuluan dan latar belakang. Atasan atau manajer Anda akan memperoleh informasi yang mereka butuhkan untuk memahami rencana kerja itu. Sebaliknya, dalam rencana kerja akademik biasanya tidak perlu ada pendahuluan dan latar belakang.

-Pendahuluan sebaiknya singkat dan menarik. Ingatkan atasan Anda kenapa Anda membuat rencana kerja itu. Kenalkan padanya proyek yang akan Anda kerjakan selama kurun waktu tertentu.
-Latar belakang sebaiknya menyoroti alasan Anda membuat rencana kerja itu. Anda bisa melakukannya, misalnya, dengan menyajikan detail atau statistik laporan terbaru, mengidentifikasi masalah yang perlu diatasi, atau alasan lainnya berdasarkan masukan dan umpan balik yang Anda terima selama mengerjakan proyek sebelumnya.

3.Tentukan tujuan dan target.
   Tujuan dan target adalah dua hal yang saling terkait. Dalam rencana kerja, keduanya sama-sama mengarah ke pencapaian hasil. Bedanya, tujuan bersifat umum, sedangkan target lebih spesifik.

-Tujuan adalah gambaran keseluruhan proyek Anda. Tuliskan apa saja hasil akhir yang Anda inginkan dari rencana kerja itu. Usahakan cakupannya luas. Misalnya, Anda ingin menyelesaikan makalah penelitian atau belajar menulis.
-Target sebaiknya spesifik dan nyata. Dengan kata lain, Anda harus bisa mencoret langkah-langkah yang ada di daftar target setelah Anda menyelesaikannya. Menemukan narasumber yang bisa diwawancarai untuk makalah penelitian Anda termasuk contoh target yang bagus.
-Kalau target-target yang ada terlalu beragam, Anda bisa memecahnya jadi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Misalnya, target jangka pendek perusahaan untuk meningkatkan jumlah audiens sebesar 30% dalam tiga bulan berbeda dengan target jangka panjang untuk memperkuat visibilitas merek (brand) di media sosial selama setahun.
-Target biasanya ditulis dalam kalimat aktif menggunakan kata kerja tindakan dengan makna spesifik. Misalnya, "merencanakan", "menulis", "meningkatkan", dan "mengukur". Hindari kata kerja dengan makna samar seperti "memelajari", "memahami", dan "mengetahui".

4.Susun rencana kerja dengan target-target yang "SMART".
  SMART adalah akronim yang biasa digunakan untuk mencari hasil yang lebih nyata dan bisa dikerjakan dalam rencana kerja.

-Specific berarti terperinci. Apa tepatnya yang akan kita lakukan untuk siapa? Uraikan populasi yang akan Anda layani dan semua tindakan spesifik yang akan Anda gunakan untuk membantu mereka.
-Measurable berarti terukur. Apakah target itu kuantitatif dan bisa diukur? Bisakah Anda menghitung hasilnya? Apakah Anda menyusun rencana kerja itu sehingga "tingkat kesehatan di Afrika Selatan meningkat pada tahun 2012"? Atau, apakah Anda menyusunnya agar "jumlah kasus infeksi HIV/AIDS pada bayi yang baru lahir di Afrika Selatan turun sebanyak 20% pada tahun 2020"?
        -Ingat, angka dasar perlu ditentukan untuk menghitung perubahan.
         Kalau Anda tidak tahu berapa banyak bayi yang baru lahir di Afrika
         Selatan yang terjangkiti HIV/AIDS, bagaimana Anda bisa memastikan
         bahwa jumlah kasus berkurang 20%?
-Achievable berarti bisa dicapai. Bisakah Anda menyelesaikannya dalam waktu yang telah ditetapkan dengan sumber daya yang Anda miliki? Mengingat segala keterbatasan yang ada, target Anda harus realistis. Meningkatkan penjualan hingga 500% masuk akal kalau perusahaan Anda tergolong kecil. Meningkatkan penjualan hingga 500% adalah target yang nyaris mustahil tercapai oleh perusahaan yang telah mendominasi pasar.
-Di situasi tertentu, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan seorang pakar untuk memastikan target-target dalam rencana kerja Anda memang bisa dicapai.
-Relevant adalah terkait kepentingan. Akankah target itu berdampak pada tujuan atau strategi yang Anda inginkan? Walau penting bagi kesehatan umumnya, benarkah pengukuran tinggi badan dan berat badan siswa SMA bisa langsung mengarah ke perubahan prosedur kesehatan mental? Pastikan target dan metode kerja Anda memiliki keterkaitan yang jelas dan intuitif.
-Time bound adalah terikat waktu. Kapan target itu tercapai, dan/atau kapan Anda tahu Anda telah menyelesaikannya? Tentukan tanggal berakhirnya proyek. Sebutkan pula, kalau ada, hasil akhir seperti apa yang bisa menyebabkan proyek Anda berakhir lebih dini, dengan semua hasil tercapai.

5.Cantumkan sumber daya yang Anda miliki.
   Dalam daftar ini tulis semua yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan dan target. Sumber daya beragam bentuknya, tergantung untuk apa rencana kerja itu Anda buat.

-Sumber daya di kantor meliputi anggaran keuangan, karyawan, konsultan, bangunan atau ruangan, dan buku-buku. Anggaran yang mendetail bisa Anda lampirkan kalau rencana kerja itu lebih formal.
-Sumber daya di dunia akademis meliputi akses ke berbagai perpustakaan; bahan penelitian seperti buku-buku, koran, dan jurnal; komputer dan akses internet; serta profesor atau orang lain yang bisa membantu Anda ketika Anda ingin bertanya.

6.Kenali batasan yang ada.
   Batasan adalah hambatan yang bisa jadi menghalangi upaya Anda mencapai tujuan dan target. Misalnya, ketika mengerjakan tugas penelitian di sekolah atau kampus, jadwal Anda ternyata terlalu padat sehingga Anda tidak bisa meneliti dan menulis dengan baik. Karena itu, batasan Anda adalah jadwal yang padat. Coba hilangkan komitmen lain sepanjang semester itu agar Anda bisa menyelesaikan rencana kerja secara efektif.

7.Siapa yang bertanggung jawab?
   Pertanggungjawaban adalah elemen penting rencana yang baik. Siapa yang bertanggung jawab atas penyelesaian tiap tugas? Walau ada tim yang mengerjakan sebuah tugas, satu orang harus bertanggung jawab memastikan tugas itu selesai tepat waktu.

8.Tulis strategi.
   Amati rencana kerja Anda, kemudian putuskan bagaimana Anda menggunakan sumber daya sembari mengatasi batasan untuk mencapai tujuan dan target.

-Tulis daftar tindakan yang terperinci. Kenali apa yang harus terjadi tiap hari atau tiap minggu agar tujuan Anda tercapai. Cantumkan juga tindakan apa saja yang harus dilakukan oleh anggota tim lainnya. Anda bisa menggunakan software manajemen proyek atau kalender pribadi untuk mengatur informasi ini.
-Buat jadwal. Walau Anda boleh membuat jadwal kerja tentatif, kejadian atau situasi tidak terduga bisa muncul sewaktu-waktu. Karenanya, sediakan ruang di jadwal Anda untuk menghindari keterlambatan.

EVALUASI KEGIATAN,10 DESEMBER 2016

EVALUASI KEGIATAN,10 DESEMBER 2016


ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB

Hai sobat saya akan berbagi kegiatan saya pada hari sabtu,

1.PENGERTIAN
    Evaluasi adalah suatu kegiatan penilaian yang dilakukan oleh suatu organisasi/kelompok, maupun perusahaan yang dimana hari itu seluruh anggota melakukan kegiatan sharing tentang apaa yang mereka lakukan selama satu minggu yang lalu yang berupa presentasi.

2. TUJUAN
   Tujuan diadakannya sharing yang kita lakukan selama satu minggu adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kita dan jika ada suatu kesalahan dalam melakukan kegiatan yang kita lakukan maka kita meminta saran dari teman-teman atau audien yang mendengarkan presentasi kita.
 
 
3. ALAT DAN BAHAN
    -LCD Proyektor
    -Pemateri
    -Audien (Pendengar)
    -Laptop
 
 
4. LANGKAH KERJA
Ini adalah evaluasi kegiatan yang dapat saya dokumentasikan:
 
 1. Foto ini adalah perwakilan dari SMK N 7 KENDAL,SMKN 1 TAMBAK BOYO, DAN SMK SRIWIJAYA 2 WANGON, yaitu Muhammad Ary, Agung,Fikri,dan Nafis. Mereka adalah teamwork

5.HASIL DAN KESIMPULAN
Hasilnya adalah kami dapat sharing ilmu yang tidak pernah kita dapatkan, kita juga dapat menambah wawasan ilmu yang kita dapat.
Kesimpulan dari evaluasi kegiatan yang kita lakukan adalah kita dapat menambah wawasan karena kita mendapat berupa sanggahan dari audien untuk memperbaiki kegiatan yang kita lakukan selama satu minggu. 
mereka mengerjakan projek bersama selama satu minggu yaitu tentang Designing and Implementing Linux Firewall and QoS.


 
 2. Ini adalah Foto perwakilan dari SMK N 1 JEPARA, yaitu fahmi dan Aji, mereka mempresentasikan tentang bagaimana cara mengkonfigurasi Webmin.
 
 

3.Selanjutnya adalah perwakilan dari SMK ISANU FIKRI yaitu Muhammad Nur Salam dan  temannya Genta, mereka mempresentasikan tentang konfigurasi KVM.
 
 

4. Ini adlah Septian Gapar Montero, dia adalah perwakilan dari SMKN 1 BANJIT, LAMPUNG. Dia mempresentasikan tentang cara menginstall icecast di debian server. 
 
 
5. Dan Terakhir ini adalah perwakilan SMK N 1 BANJIT, dan SMKSRIWIJAYA  2 WANGON, mereka membuat program kerja bersama, tapi yang dipesentasikan adalah tentang konfigurasi repositoryy dii debian server.


5.HASIL DAN KESIMPULAN
  Hasilnya adalah kami dapat sharing ilmu yang tidak pernah kita dapatkan, kita juga dapat menambah wawasan ilmu yang kita dapat.
Kesimpulan dari evaluasi kegiatan yang kita lakukan adalah kita dapat menambah wawasan karena kita mendapat berupa sanggahan dari audien untuk memperbaiki kegiatan yang kita lakukan selama satu minggu. 

Sekian dari saya,

WASSALAMU'ALAIKUM WR.WB

KONFIGURASI MODEM SPEEDY TELKOM ZTE ZXV10-W300s BERSAMA TEMAN YANG ADA DI BLC TELKOM KLATEN

Konfigurasi Modem Speedy Telkom ZTE ZXV10-W300s Bersama Teman-Teman BLC Telkom


 Assalamu'alaikum Wr.Wb
Selamat malam sobat.. malam ini saya akan berbagi tutorial mengenai cara konfigurasi modem speedy telkom ZTE ZXV10-W300s. Dan saya mengkonfigurasinya bersama teman-teman yang ada di BLC TELKOM.

A.PENGERTIAN
   Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.AN
   
B.LATAR BELAKANG
 di modem speedy ini, untuk username dan password ini default dari telkom.  maka dari itu sedikit rumit.

C.MAKSUD DAN TUJUAN
   Maksud dan tujuan saya adalah untuk mengetahui bagaimana caranya mengkonfigurasikan modem speedy itu.

D.ALAT DAN BAHAN
 1.Laptop
 2.Modem Speedy dan Powernya
 3.Kabel UTP Straight

E.JANGKA WAKTU YANG DIBUTUHKAN
 Waktu yang kami butuhkan untuk mengkonfigurasi modem speedy ini adalah kisaran 30 menit.

F.TAHAPAN
1. buka di web browser, masukan alamat 192.168.1.254 untuk login ke panel setting dengan username : theworldnyourhand

 kemudian muncul tampilan seperti ini


 2.setelah itu anda akan masuk ke tampilan admin, klik interfaces setup, pilih  PVC1 dan masukan nomor speedy berikut pass speedynya



 

3.isikan username dan passwordnya sesuai deefault yang ada di modemnya, setelah itu save





4.untuk setting wifi pilih menu wireless dan masukan nama wifi berikut pass wifi sesuai keinginan anda seperti pada gambar di bawah. save








 5.apa bila semuanya sudah tersetting maka lakukan reboot dengan cara klik menu maintenence ->pilih systemRstat -> pilih Curensetting -> klik Restart, tunggu sampai proses selesai.







G.HASIL dan KESIMPULAN
 Hasilnya adalah Modem Speedy tersebut telah terkonfigurasi, dan dapat memancarkan wifi yang sudah bisa terdeteksi di laptop.

I.REFERENSI
  http://speedydermayu.web.id/post/seting-modem-zte-zxv10-w300s

Sekian dari saya, banyak kurang dan salahnya saya mohon maaf. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr.WB


TUTORIAL MENGINSTALL W3SCHOOLS OFFLINE DI LOCALHOST

TUTORIAL MENGINSTALL W3SCHOOLS OFFLINE DI LOCALHOST


Assalamu'alaikum wr.wb
Malem sobat, kali ini saya akan berbagi tutorial untuk menginstall W3schools di iso Linux mint 17.3 dengan cara offline. 

A.PENGERTIAN
   W3schools adalah sebuah situs web yang populer untuk belajar teknologi web online. Isi mencakup tutorial dan referensi yang berkaitan dengan HTML , CSS , JavaScript , PHP , SQL , Bootstrap , dan jQuery . Menerima lebih dari 10 juta pengunjung unik setiap bulan.

B.LATAR BELAKANG
 Untuk belajar bahasa pemrograman dengan tidak menggunakan akses internet.
  
C.MAKSUD DAN TUJUAN
 Maksud dan tujuan saya menginstall w3schools agar saya dapat belajar bahasa pemrograman tanpa memerlukan akses internet.

D.ALAT DAN BAHAN
1.laptop
2.file W3Schools

E.JANGKA WAKTU YANG DIBUTUHKAN
waktu yang saya gunakan yaitu kira-kira 20 menit.

F.TAHAPAN

1.Pertama kita masuk ke terminal dahulu super user dengan perintah:


2. Selanjutnya kita ke direktory letak file w3shcool dengan perintah


3. Ketikkan #ls untuk melihat apakah file w3school ada di direktori tersebut


4. Lalu copy file w3school ke direktori /var/www/html


5.Selanjutnya kita pindah ke direktori /var/www/html


6. Selanjutnya kita Extract file w3shcool


7. Setelah di Extract kita beri hak akses file w3school



8.Kemudian kita cek di web browser dengan mengetikkan localhost/w3school untuk melihat apakah w3school sudah berhasil terinstall atau belum , jika berhasil maka akan muncul tampilan awal dari w3school seperti gambar dibawah.

G.KESIMPULAN
    nah... W3SCHOOL ini  sudah berhasil terinstall, dan w3shchool sudah dapat digunakan untuk belajar bahasa pemrograman tanpa akses internet.

H.REFERENSI
https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/W3Schools&prev=search
Copyright © 2013 Diah Yulia Siska and Blogger Themes.